Rasanya terdengar aneh di telinga jika ada yang belum tahu kebesaran nama Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor itu berada persis di tengah-tengah pusat kota Bogor. Letaknya tidak jauh dari ibu Kota Negara Indonesia, Jakarta. Kebun Raya memiliki nilai sejarah tinggi. Merupakan sebuah peninggalan karya tangan manusia yang megah dan indah.

Menurut berbagai dongeng dan jejak literatur sejarah yang ditemukan, Kebun Raya Bogor itu awalnya merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran (Pakuan) di sekitar abad ke-15. Lalu kemudian di abad ke-18 dimodifikasi dan dimodernisasi oleh kaum penjajah Belanda dengan menggunakan tenaga ahli botani asal Jerman. Maka lalu Bogor pun menjadi sebuah tempat pusat penelitian pertanian pertama di Indonesia. Dan kemudian Kebun Raya pun menjadi sebuah lab sekaligus perpustakaan percontohan yang di dalamnya terdapat pengkodifikasian berbagai jenis katalog tanaman. Baik tanaman asli Indonesia, juga tanaman yang didatangkan dari berbagai belahan dunia.

Tidak heran jika sampai saat ini Kebun Raya Bogor selalu dijadikan sebagai tempat wisata studi untuk mempelajari berbagai jenis tumbuhan, di samping juga menjadi destinasi wisata keluarga yang terkenal hingga manca negara. Dengan berbagai koleksi pepohonan langka dan berbagai pepohonan tua yang berumur ratusan tahun usianya, Kebun Raya sering disebut-sebut oleh sebagian orang yang mengunjunginya sebagai kebun kenangan, berkat keindahannya.
Dan di area Kebun Raya pula terdapat Istana Negara yang berdiri megah. Kabarnya, menurut beberapa bacaan, justru Kebun Raya ini oleh para ahli botani Belanda dibuat sebagai sebuah halaman Istana yang luas. Jadi, Kebun Raya dan Istana Negara bisa dibilang merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dan tampaknya, Kebun Raya dan Istana Bogor ini menjadi salah satu tempat unik di dunia.

Selebihnya, keindahannya ini, karena bisa dibilang berada di kaki Gunung Salak yang cukup tinggi, maka curah hujan pun cukup tinggi. Di situlah maka Bogor dengan kemegahan Kebun Rayanya sering disebut-sebut sebagai Kota Hujan. Tingkat kesuburan tanahnya pun selalu terjaga. Layaknya sebuah kebun rerinduan yang selalu dimimpikan, maka Kota Bogor selalu mampu meninggalkan kenangan yang dalam bagi para wisatawan, kota romantis yang tertanam di kebun ingatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *